Dweller

Advertise

­ ­

Tuesday, December 14, 2010

Vatikan Prihatin Pula soal WikiLeaks


Kini, giliran Vatikan yang menyatakan keprihatinan soal WikiLeaks. Soalnya, bocoran kabel rahasia itu mengatakan kalau Tahta Suci menolak bekerja sama dengan penyidik Irlandia terkait kasus dugaan pencabulan terhadap anak oleh pastor atau imam Katolik.

Dalam satu pernyataan, Vatikan juga mengatakan bahwa opini di dalam kabel-kabel itu hanya persepsi diplomat asing, bukan kebijakan Vatikan sebagaimana warta AP dan AFP pada Sabtu (11/12/2010).

Salah satu telegram (kabel) itu menyebutkan penolakan Vatikan muncl lantaran permintaan penyidikan tidak disampaikan melalui saluran diplomatik yang semestinya.

Disebutkan bahwa Irlandia tunduk pada tekanan Vatikan agar memberikan status kekebalan kepada para pejabat gereja dalam penyelidikan kasus-kasus pencabulan yang berlangsung selama puluhan tahun oleh para pastor Irlandia.

Kabel lainnya menjelaskan peranan Vatikan dalam diplomasi, yang menurut laporan telah membantu pembebasan para pelaut Inggris yang ditangkap Iran.

WikiLekas juga mengatakan seberapa banyak ketergantungan AS pada kedutaan-kedutaan lain di Vatikan untuk mendapatkan informasi.

Vatikan menolak memberikan komentar atas kabel bocor tersebut. Namun, Vatikan menegaskan bahwa bocoran itu merupakan "masalah besar".

Duta Besar AS di Vatikan mencela penerbitan dokumen itu, dan mengatakan AS dan Vatikan bekerja sama secara erat dalam menggalakkan nilai-nilai universal.


sumber: KOMPAS.com

0 komentar:

Post a Comment

 
Powered by Blogger