Dweller

Advertise

­ ­

Sunday, December 5, 2010

Mengenal Sekilas Tentang Sandbox Tree (Dynamite Tree)


Pohon ini asalnya dari Amerika Selatan (Amazon) yang bernama asli Sandbox Tree (Hura Brasiliensis / Hura Crepitans) dan mungkin tersebar juga di beberapa negara lain termasuk Indonesia  Sandbox Tree adalah pohon cemara dari keluarga spurge (Euphorbiaceae), asli daerah-daerah tropis Utara dan Amerika Selatan di Amazon Rainforest. Tetapi Pohon ini lebih dikenal oleh penduduk setempat sebagai POHON NERAKA atau POHON DYNAMITE. Dinamakan Pohon Dynamit karena buah pohon ini nggak main-main, begitu matang, buah pohon ini akan meledak dan Ledakan itu akan melukai manusia atau hewan di sekitarnya. Pohon ini tumbuh hingga 100 ft (30 m); cabang berduri, daunnya oval.


Bahaya dari Pohon Sandbox Tree (Dynamite Tree)

1. Batang Pohon ini ditutupi duri tajam
Kulit coklat pada batang Pohon ini ditutupi dengan banyak titik duri yang hitam dan tajam yang membuat hewan (termasuk monyet) tidak bisa memanjatnya. Dan terkadang membuat hewan yang tidak tahu akan terluka dibuatnya

2. Buah Pohon Ini bisa MELEDAK ketika matang
Inilah alasan mengapa pohon ini disebut “POHON DYNAMIT”. Karena polong benih (buah) dari sandbox tree dapat MELEDAK DENGAN SUARA SEPERTI TEMBAKAN ketika sudah matang, dan menyebarkan benih hingga 100 meter (300 kaki) dengan kecepatan lebih dari 150 mil per jam!!! Ledakan itu akan melukai manusia atau hewan di sekitarnya

3. Pohon Ini Sangat Beracun
 Bila anda memakan satu buahnya, Anda akan kram usus, diare dan muntah, denyut jantung cepat dan mengalami kebutaan. Makan dua atau lebih, dan Anda dapat menambahkan delirium (mengigau, gila, demam), kejang, dan bahkan kematian.
Getah kuning dari pohon ini juga tidak terlalu ramah. Getahnya beracun, menyebabkan peradangan, luka dan iritasi, bahkan kebutaan sementara, ketika terkena mata. Namun masyarakat di sekitar sana (Suku Karibia) menggunakan getah ini untuk meracuni mata panah mereka guna kepentingan berburu.


Keunikan Dari Ledakan Sandbox Tree (Dynamite Tree)

Pohon yang ditakuti karena Ledakannya ini memiliki keunikan dibalik ledakan itu. Ledakan itu bukan untuk melindungi tanaman / pohon ini dari makhluk lain, tetapi justru untuk Perkembangbiakan. Buahnya akan terbuka pada saat telah matang ,untuk melepaskan isinya. LEDAKAN ADALAH SALAH SATU MEKANISME PERKEMBANGBIAKAN.

Meledak adalah cara penyebaran spora dengan melemparkan (mengawinkan) biji atau spora jauh dari tanaman induk. Gerakan tanaman yang cepat ini dapat mencapai sampai batas penyebaran terjauh tanpa bantuan hewan. Sandbox tree ini dapat melemparkan biji sampai 100 meter (300 kaki) karena ledakannya. 


sumber: kaskus. 

0 komentar:

Post a Comment

 
Powered by Blogger