Dweller

Advertise

­ ­

Sunday, December 12, 2010

FAQ Dry Denim & Salvage

Apa itu Dry Denim?
Dry atau Raw denim adalah bahan denim yang tidak melalui proses pencucian dalam fase produksinya, setelah proses pewarnaan.

Apa menariknya?
Dry jeans – sebutan untuk jeans yang menggunakan bahan Dry denim – bersifat lebih kaku. Sifat kaku ini akan menghasilkan lipatan-lipatan permanen pada bagian-bagian tertentu jeans, contohnya seperti dibelakang lutut. Lipatan-lipatan ini akan terbentuk sesuai dengan kegiatan yang kamu lakukan selama memakai Dry jeans. Selain itu, pada bagian-bagian tertentu yang sering bersinggungan dengan benda lain seperti bagian paha contohnya, warnanya akan memudar. Karena itu, setelah waktu pemakaian yang lama maka jeans kamu akan terlihat lebih berkarakter, sesuai dengan kegiatan dan pengalaman unik kamu. Menjadikan Dry jeans lebih unik tidak hanya kepada mereknya, tapi lebih ke kamu!

Lalu kenapa banyak pembuat jeans yang mencuci bahannya?
Pencucian denim setelah proses pewarnaan mempunyai beberapa tujuan seperti membuat denim lebih halus, lentur, bahkan membuat denim lebih terlihat vintage. Selain itu, proses pencucian bertujuan menekan efek negatif seperti penyusutan. Walaupun begitu, Dry jeans akan menjadi lebih eksklusif dibandingkan dengan jeans biasa karena efek-efek yang dijelaskan diatas, tapi efek-efek tersebut tidak akan terbentuk dalam semalam saja! Jadi bersiaplah untuk memakainya, sesering mungkin! Kebanyakan pecinta jeans ini tidak akan mencuci jeans tersebut selama 6 bulan pemakaian, bahkan lebih...!

Saya mendengar tentang Salvadge jeans, apa itu?
Salvadege berasal dari kata Self-Edge, yaitu bahan denim yang bagian pinggirnya sudah dirajut menggunakan mesin. Kamu pasti pernah melihat beberapa orang yang suka melipat hem jeans (cuff-up style). Kalau kamu lebih teliti lagi maka kamu akan melihat jahitan yang terlihat rapi dan pada pinggiran bahannya terlihat berwarna. Itulah jeans dengan berbahan Selvadge.  Contoh jeans selvadge:


untuk menghasilkan jeans seperti ini membutuhkan lebih banyak bahan, tidak heran kalau harganya lebih tinggi daripada jeans berbahan bukan selvadge.


Apa saya harus berendam didalam bath tub dengan memakai celana jeans?
Jawabannya adalah ya dan tidak juga. Teknik ini adalah teknik yang sampai saat ini masih kotroversial, tidak semua pecinta jeans merekomendasikan hal ini. Berendam dengan memakai jeans direkomendasikan untuk jeans yang bahannya belum melewati proses Sanforizing. Lebih baik lagi kalau menggunakan air hangat. Berendam air hangat dengan memakai jeans membuat jeans kamu lebih mengikuti bentuk kaki karena proses penyusutan bahan denim. Setelah berendam, biarkan jeans kamu kering dengan terus memakainya. Hal ini akan menghasilkan lekukan dan proses fading lebih cepat.

Jeans saya sekarang terlihat sempurna, tapi bau! Bagaiman cara mencucinya?
Dry jeans standar memerlukan waktu pemakaian 6 bulan sebelum dicuci. Mencuci Dry jeans lebih cepat tidak akan menghancurkan jeans, tetapi membuat fading pattern jeans kamu rusak dan whiskers tidak terbentuk. Karena itu, tidak semua orang memilih Dry jeans yang mempunyai standar waktu pencucian yang lama.
Metode pencucian dry jeans : Jangan mencampurkan Dry jeans dengan pakaian lain saat dicuci, hasil terbaik gunakan air hangat, gunakan detergent tanpa pemutih, balik luar-dalam jeans sebelum dicuci, dan biarkan kering, jangan gunakan mesin pengering!

0 komentar:

Post a Comment

 
Powered by Blogger