Dweller

Advertise

­ ­

Sunday, December 12, 2010

ADA BOM di FX!!!



Mungkin Anda mengernyit jika membaca judul di atas. Tak percaya? Datang saja ke fX lifestyle X'nter di Senayan. Di sana Anda bisa menemukan 41 museum lengkap dengan foto dan koleksi andalan masing-masing museum.Festival Museum 2010 diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DKI. Acara ini juga merupakan pameran museum pertama kali yang diadakan di pusat perbelanjaan.

"Acara ini dalam rangka Tahun Kunjungan Museum 2010. Harapannya acara ini menjadi klimaks dari Tahun Kunjungan Museum 2010 yang akan berakhir," kata Kepala Bidang Daya Tarik Destinasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DKI, Taufik Ahmad, Sabtu (11/12/2010).

Selain itu, tujuannya adalah untuk membawa museum lebih dekat ke masyarakat. Apalagi mal masih merupakan pilihan utama masyarakat untuk berakhir pekan. Ibaratnya pihak museum sedang menjemput bola bukan sekedar menunggu masyarakat untuk datang berkunjung.

Menurut Taufik, dengan adanya acara ini pihaknya berusaha memfasilitasi museum-museum untuk mempromosikan tempatnya masing-masing. Sehingga para pengunjung festival akan tertarik dan mengenal museum-museum yang ada di Jakarta. Nantinya diharapkan para pengunjung akan melanjutkan kunjungan ke museum tersebut.

Museum yang berpartisipasi hanya sebagian dari 57 museum yang ada di Jakarta. Museum-museum peserta festival terdiri dari museum milik pemerintah, swasta, maupun pribadi. Salah satu museum pribadi adalah Museum Harry Darsono yang banyak menarik pengunjung dengan pameran karya seni milik Harry Darsono.

Tentu Anda masih ingat peristiwa tewasnya empat mahasiswa Trisakti pada 12 Mei 1998 yang menjadi awal dari gerakan reformasi. Tapi tahukah Anda peristiwa ini diabadikan dalam museum? Salah satu museum yang membuka stan adalah Museum 12 Mei Universitas Trisakti. Tampak hadir di stan tersebut ibunda dari almarhum Elang Mulya, salah satu mahasiwa yang tewas.

Anda perlu berkunjung ke stan Museum Polri. Di stan ini Anda bisa melihat Serpihan Bom Malam, yaitu sisa bom rakitan Dr. Azahari yang gagal meledak saat rumah persembunyiannya di Batu, Malang, Jawa Timur, disergap Detasemen 88 anti teror pada tanggal 9 November 2005. Pada penyergapan yang disertai tembak menembak tersebut, Dr. Azahari dan tersangka lainnya tewas karena meledakkan diri. Anda bisa melihat sisa bom rakitan dan sebuah kacamata milik Dr. Azahari.

Festival Museum 2010 berlangsung dari 10-12 Desember 2010. Khusus tanggal 12 Desember 2010, Anda bisa mengikuti sarasehan yang dibawakan oleh para pengelola museum.

 

0 komentar:

Post a Comment

 
Powered by Blogger