Dweller

Advertise

­ ­

Friday, December 3, 2010

MAKANAN MEMBUAT PERUT RUSAK

Chicken Nugget
Kapanpun anda mencelupkan bahan makanan ke adonan, kemudian menggorengnya, makanan itu akan menjadi beban bagi pencernaan anda. Makanan yang digoren mengandung banyaklemak dan akan mengganggu pencernaan. Jika anda mengalami radang pencernaan, maka hal ini harus dihindari, karena akan menyebabkan pusing dan diare, demikian kata Tara Gidus, ahli diet di Orlando. Jika ingin makan nuget seperti ini, lebih baik anda oven daripada digoreng.


Cabe
Cape pedas memang enak banget, tapi bahaya lho, cabe bisa mengganggu lapisan pelindung kerongkonan anda. Hasilnya: panas di dada setelah makan. “Bahkan jika anda menahan panasnya dengan manambahkan krim masam, anda masih akan merasakan hal yang sama,” kata Gidus. Jadi daripada anda mengurangi panas dengan krim atau santan, yang hanya menambah kalori, coba gunakan cabe yang tidak sepedas itu.

Coklat
Konsekuensi tidak menyenangkan dari coklat bukan karena makan coklatnya, tapi gara2 kebanyakan makan coklat. Mungkin sepotong brownies sudah cukup, tapi brownies, tiga tumpuk, pake eskrim, wah, bahaya. Coklat ternyata membuat otot kerongkongan melemah, sehingga asam di pencernaan akan naik lagi ke atas dan menyebabkan rasa terbakar.

Jus Lemon
Jus lemon yang asam ini akan mengganggu kerongkongan, dan merangsang saraf sensorik untuk semakin merasa meradang. Di lambung, tambahan asam ini akan semakin menambah iritasi yang ada. Bayangkan anda belum makan, dan perut anda tiba2 sudah penuh dengan asam, apalagi yang akan anda rasakan selain sakit perut. Jika anda minum lemonade dengan gula, hati2 gula terkadang merangsang diare.

Mashed Potato
Tidak ada yang lebih tidak berbahaya daripada mashed potato (kentang tumbuk) tapi itu hanya kayaknya. Tapi buat anda yang tidak toleran terhadap laktosa, makanan ini hanya akan membahayakan anda. Mashed potato biasanya penuh dengan susu atau bahkan krim kental.

Bawang mentah
Bawang-bawangan mentah juga berbahaya, memang mereka mampu memberikan perlindungan ekstra terhadap jantung dan peredaran darah, tapi bahkan ada diantara mereka yang hanya akan menyebabkan gejolak di perut. Jika anda mengkonsumsinya, pastikan sudah dimasak. Jika anda ingin mendapat khasiat terbaik dan tidak ingin perut anda terganggu, salah satu ide dari May Ryan, ahli makanan, mengatakan ada baiknya anda mencampurkan bawang mentah dan matang.

Es Krim
Tidak berbahaya sama sekali kan? Tapi jika anda tidak toleran terhadap laktosa, wah, perut bisa kembung, kram, atau bahkan penuh dengan gas! Jika memang demikian coba cari eskrim yang dibuat dari susu kedelai. Biarpun anda toleran laktosa, makan eskrim kebanyakan juga akan membuat perut anda serasa penuh selama berjam2, karena anda mengkonsumsi lemak, dan es krim, hampir semuanya adalah lemak.

Brokoli
Sayuran kaya nutrisi dan serat ini memang luar biasa sehat, tapi sayuran ini bisa membuat perut anda penuh gas, maka jangan makan mentah, siram air panas, atau masak secepatnya, senyawa kimia yang ada akan berkurang, dan gas yang terbentuk juga akan minimal.

Kacang-kacangan
Kacanga2an seperti ini juga akan membuat perut anda berasa penuh karena sulitnya kacang2an ini dicerna. Enzym untuk memecah makanan ini hanya ditemukan di beberapa bakteri yang tinggal di dalam pencernaan. Dan jika anda tidak makna kacang2an secara rutin, mungkin anda akan kekurangan enzym untuk memecahnya, makanya anda akan kembung. Masak kacang2an ini dalam bentuk kuah, karena cairan yang ada akan membantu mencernakan sejumlah besar serat yang ada.

Permen (Karet) tanpa kalori
Tidak berkalori, karena adanya sorbitol. Sorbitol, pemanis buatan, ini akan membuat perut anda kembung juga karena gas yang ada di dalam perut.

0 komentar:

Post a Comment

 
Powered by Blogger