Dweller

Advertise

­ ­

Tuesday, November 30, 2010

9 Makanan Pembuat Tidur Pulas

APAKAH waktu tidur Anda mencapai 7-8 jam? Atau, apakah Anda merasa tak gelisah dan tak nyenyak saat tidur dan kerap terbangun?

Kurangnya kuantitas maupun kualitas tidur tentu berefek pada stamina kita dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, beberapa dari Anda mungkin lebih memilih cara instan dengan menggunakan obat tidur. Padahal, tak perlu dengan obat, Anda bisa mendapatkan tidur lelap dan pulas dengan mengonsumsi
sembilan makanan yang dapat membuat Anda tidur pulas.

1. Pisang
Buah ini sebenarnya memiliki khasiat seperti pil tidur. Selain mengandung zat melatonin dan serotonin yang berperan besar dalam membantu kualitas tidur dan mengatasi depresi serta sistem kekebalan yang rendah, pisang juga mengandung magnesiun yang dapat membuat otot menjadi lebih rileks.  

2. Teh chamomile
Kandungan chamomile di dalam teh dapat menimbulkan efek ringan yang menenangkan pikiran dan tubuh sehingga dapat mengatasi kegelisahan sebelum tidur. 

3. Susu hangat
Kita tentu kerap kali mendengar saran untuk meminum susu hangat sebelum tidur agar dapat tidur pulas. Itu bukanlah mitos. Karena, susu mengandung triptofan, asam amino yang memiliki efek menenangkan. Ditambah, adanya efek psikologis dari gerakan meminum susu hangat melalui gelas yang seolah-olah membuat kita merasa hangat dan nyaman. 

4. Madu
Tambahkan madu ke susu hangat Anda. Mengurangi gula akan membuat otak Anda mematikan sementara fungsi oreksin yang terkait dengan kewaspadaan.

5. Kentang
Sedikit porsi kentang rebus atau panggang tentu tak akan mengganggu pencernaan Anda di malam hari. Untuk efek menenangkan, rebus/pangganglah kentang dengan susu hangat.

6. Oatmeal

Gandum kaya akan zat melatonin yang akan membantu Anda tidur nyenyak. Semangkuk kecil oatmeal dengan tambahan susu atau atau sirup tentu akan membuat tubuh nyaman sekaligus kenyang sehingga Anda pun akan terkantuk-kantuk. 
 
7. Kacang almond

Segenggam kacang almond akan membantu Anda terlelap tidur karena mengandung tritofan dan magnesium yang dapat merileksasikan otot.
 
8. Biji rami

Ketika Anda merasa suntuk sehingga sulit untuk memejamkan mata, cobalah menambah dua sendok biji rami ke oatmeal Anda. Biji-bijian ini kaya akan omega 3 yang akan memperbaiki mood Anda secara alami.
 
9. Roti gandum

Memakan sepotong roti gandum bersama teh yang dicampurkan madu akan mengahantarkan trotofan ke otak yang lalu akan dikonversikan menjadi serotonin dan akan membuat diri Anda merasa ingin segera terlelap.
 
 
sumber: kaskus.
 
 

0 komentar:

Post a Comment

 
Powered by Blogger