Dweller

Advertise

­ ­

Tuesday, February 22, 2011

MRT di Jakarta?

  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini sedang mengembangkan transportasi mass rapid transit berbasis rel. MRT diproyeksi mampu mengangkut ribuan penumpang tiap tiga menit dan menjadi proyek yang paling ditunggu warga Jakarta.

Bagaimana tidak, perjalanan Lebak Bulus-Kampung Bandan, yang biasanya ditempuh dalam waktu hampir dua jam, diharapkan bisa ditempuh hanya 52 menit dengan MRT. Hilang sudah rasa penat, kesal, dan kerugian akibat kemacetan di jalan.

Dibandingkan dengan kota-kota lain di Asia, MRT di Jakarta memang boleh dibilang sangat terlambat, apalagi melihat kondisi lalu lintas di Jakarta yang luar biasa padat akibat kendaraan pribadi menumpuk di jalan.

Namun, keterlambatan itu juga bisa membawa kelebihan karena MRT Jakarta bisa belajar dari kota-kota lain yang telah memiliki MRT. Kita bisa mendapatkan teknologi terkini dan belajar bagaimana negara tetangga tetap bisa menjaga MRT yang berkualitas. Bukan apa-apa, bangsa ini sudah sangat dikenal sebagai bangsa yang bisa membuat apa saja, tapi tidak bisa merawatnya dengan baik.

MRT Jakarta yang dibangun oleh PT MRT Jakarta, badan usaha milik daerah yang 99,5 persen sahamnya dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta dan 0,5 persen sisanya dimiliki PD Pasar Jaya ini, nantinya menjadi MRT yang tingkat layanannya sangat tinggi, baik keamanan, ketepatan, frekuensi, maupun kenyamanannya.

Didesain untuk tiba tiap tiga menit dengan toleransi keterlambatan paling lama hanya 20 detik, MRT membutuhkan ketepatan dan teknologi yang tinggi.

MRT Jakarta nantinya mengoperasikan 16 rangkaian kereta. Satu rangkaian akan terdiri dari enam kereta penumpang pada tahap awal dan akan terus dikembangkan menjadi delapan kereta penumpang. Setiap kereta penumpang mengangkut 170 orang yang duduk dan berdiri. Jumlah penumpang bisa dipadatkan hingga 300 orang pada jam-jam sibuk.

Jadi, di jam sibuk satu rangkaian kereta mampu mengangkut 1.800 penumpang dan dalam satu jam akan terangkut 36.000 penumpang. Apabila dirata-rata dengan jam tidak sibuk, diharapkan pada awal peluncuran MRT Jakarta bisa mengangkut 23.000 orang per jam per arah.


Koridor utara-selatan
Pembangunan MRT Jakarta pertama akan mengambil koridor selatan-utara, yakni Lebak Bulus-Kampung Bandan. Namun, pembangunan ini akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama pembangunan dimulai dari jalur Lebak Bulus-Bundaran HI. Panjang lintasannya mencapai 15,5 kilometer dengan tujuh stasiun layang dan enam stasiun bawah tanah. Ditargetkan tahap I ini bisa beroperasi pada November 2016.

Ketiga belas stasiun itu adalah Lebak Bulus-Fatmawati-Cipete Raya-Haji Nawi-Blok A-Blok B-Sisingamangaraja-Bundaran Senayan-Istora-Bendungan Hilir-Setiabudi-Dukuh Atas-Bundaran HI.

Tahap kedua akan melanjutkan dari Bundaran HI ke Kampung Bandan dengan melewati delapan stasiun, yakni Sarinah-Monas-Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar-Glodok-Kota-Kampung Bandan. Pembangunannya akan dimulai sebelum tahap I beroperasi dan ditargetkan beroperasi paling lambat 2020.

Saat ini PT MRT Jakarta mempersiapkan pengembangan prastudi kelayakan untuk pembangunan koridor timur-barat. Koridor ini nantinya akan menghubungkan Bekasi-Jakarta-Tangerang. Ada dua alternatif jalur, yakni Cikarang-Monas-Balaraja atau Bekasi-Blok M-Balaraja. Jika studi kelayakannya positif, pembangunan koridor ini diprediksikan akan dilakukan pada 2024-2027. (M Clara Wresti)

sumber: JAKARTA, KOMPAS.com

Bagaimana gambaran secara umum tahapan dan jadwal pembangunan MRT Jakarta ini?
JaringanMRT Jakarta yang berbasis rel  rencananyaakan membentang kurang lebih 100 km terdiri dari jalur Selatan – Utara (Lebak Bulus sampai Kampung Bandan)sepanjang kurang lebih 22 km dan jalur Timur – Barat  sepanjang kurang lebih 80 km. 
Koridoryang akan dibangun terlebih dahulu adalah Selatan – Utara dari Lebak Bulussampai dengan Dukuh Atas sepanjang 14,5 km yang ditargetkan mulai beroperasipada akhir 2016. Pembangunan perpanjangan lintas MRT Jakarta (sepanjang ± 7,2km) akan melanjutkan jalur Selatan-Utara dari Dukuh Atas ke Kota (koridor extension) dan koridor east-west menghubungkan wilayah disebelah barat Jakarta dengan wilayah di sebelah timur Jakarta. 
Untukkoridor extension, saat ini sedangdilaksanakan kajian pengembangan rute MRT dari Dukuh Atas – Kota. DitargetkanMRT koridor extension ini dapat mulaiberoperasi 3 tahun setelah MRT Jakarta koridor Lebak Bulus – Dukuh Atasberoperasi. Sedangkan rute east-westyang menghubungkan wilayah Jakarta Barat dan Timur saat ini sedang dalam tahap pre-feasibility study.

Bagaimana peranan MRT sebagai prioritas PTM dalam kaitannya dengan tata ruang kota ? 
MRTJakarta berbasis rel ini dibutuhkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tidakhanya sekedar membantu mengatasi kemacetan, namun juga sebagai pendorong bagiPemprov DKI Jakarta untuk merestorasi tata ruang kota.

Agarlebih efektif dalam mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, MRT Jakarta akandiintergrasikan dengan tata ruang di kawasannya. Integrasi diwujudkan denganpembangunan jalan menuju stasiun atau menyediakan angkutan umum lain yangmemudahkan warga datang atau meninggalkan stasiun MRT.

Padabeberapa lokasi stasiun, dimungkinkan untuk membangun tempat parkir di stasiundan trotoar yang memadai untuk mengakses stasiun. Dengan cara ini, warga yangtinggal atau beraktivitas di sekitar jalur MRT dapat merasakan manfaatlangsungnya. Sementara warga yang tinggal agak jauh juga dapat meninggalkankendaraan pribadi dan mengakses MRT dengan angkutan umum pendukung. Pemilikkendaraan pribadi juga dapat memarkir kendaraan di dekat stasiun.

Terhubungnyastasiun MRT dengan pusat perbelanjaan, perkantoran dan pusat-pusat aktivitassosial lainnya akan memberikan manfaat tersendiri bagi pusat-pusat kegiatan ini.Dengan laju manusia yang lebih baik, pusat perbelanjaan menjadi ramai danperkantoran terjamin tingkat huniannya.
 
Apa saja dampak sosial dan budaya dari kehadiran MRT Jakarta ini?
Dampak sosial dan budayadari kehadiran MRT antara lain: (1) mendorong terjadinya perubahan perilakubertransportasi dari moda kendaraan pribadi ke angkutan umum, (2) mendoronghadirnya budaya antri, (3) menumbuhkan hadirnya budaya tepat waktu sebagaiakibat dari ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan MRT, dan (4)terjadinya interaksi sosial dalam lingkup yang lebih luas terkait denganterintegrasinya ruang-ruang publik dengan sistem transportasi massal. 

Siapakah yang bertanggung Jawab atas pembangunan proyek MRT Jakarta ini?
Pendanaanuntuk proyek MRT ini diperoleh pinjaman dari JICA, dan jaminan dari pemerintahpusat. Dengan kata lain, proyek MRT ini merupakan proyek nasional yangdiselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta. Pada Oktober 2005 telah dikeluarkansurat keputusan Menko Perekonomian no. 057/2005 yang menetapkan pembayaranpinjaman tersebut ditanggung bersama oleh Pemerintah dan Pemprov DKI Jakartadengan komposisi 42% : 58%. Segera setelah keluarnya SK tersebut, pada tahun2005, juga disepakati struktur proyek dan konsep pendanaan yang disepakati olehBappenas, Departemen Perhubungan, Departemen Keuangan, Pemerintah Provinsi DKIJakarta dan JICA.  
Untukkeperluan pembangunan dan pengoperasian sistem MRT Jakarta, dibentuklah PT MRTJakarta yang sahamnya sepenuhnya dimiliki Pemprov DKI, padatanggal 17 Juni 2008, setelah terlebih dulu mendapatkan persetujuan DPRD Provinsi DKI Jakarta melalui PeraturanDaerah No 3 Tahun 2008 mengenai Pembentukan BUMD PT MRT Jakarta dan Peraturan Daerah No 4 Tahun 2008 mengenaiPenyertaan Modal Daerah di PT MRT Jakarta. PT MRT Jakarta memiliki kegiatanusaha yang  terdiri dari penyelenggaraanprasarana dan sarana perekeretaapian umum perkotaan yang meliputi pembangunan,pengoperasian, perawatan dan pengusahaan prasarana dan sarana MRT, dan termasukjuga pengembangan dan pengelolaan properti dan bisnis di stasiun dan kawasansekitar serta depo dan kawasan sekitar sepanjang jalur MRT Jakarta. 
Pelaksanaan pembangunan MRT Koridor I dibagi atas tiga tahap yaitutahap pra-konstruksi, tahap konstruksi dan tahap pasca-konstruksi. Pada tahappra-konstruksi, Direktorat Jenderal Perkeretaapian bertanggung jawab atas pelaksanaankajian Basic Engineering Design,sedangkan PT. MRT Jakarta bertanggung jawab atas pelaksanaan kajian-kajian yangterkait dengan manajemen. Pada tahap konstruksi PT. MRT Jakarta bertanggungjawab atas pengadaan konsultan/kontraktor pelaksana konstruksi serta seluruhkegiatan terkait dengan pembangunan MRT. Adapun pada tahap pasca-konstruksi, PT. MRT bertanggung jawab ataspengoperasian dan pemeliharaan MRT, serta pengembangan dan pengelolaan propertidan bisnis di stasiun dan kawasan sekitar serta depo dan kawasan sekitarsepanjang jalur MRT Jakarta, sesuai dengan yang dicantumkan pada PeraturanDaerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 3 Tahun 2008, tentang Pembentukan BadanUsaha Milik Daerah (BUMD) Perseoran Terbatas (PT) MRT Jakarta.
 
Apakah proyek MRT Jakarta ini dapat dilakukan di Jakarta yang rawan banjir dan memiliki struktur tanah yang lembek (soft soil) dan rawan gempa?
Dibeberapa kota di negara lain yang juga rawan gempa dan memiliki masalah banjir,moda transportasi MRT tetap dapat diandalkan. Secara teknis persoalan banjir,tanah lembek dan gempa dapat diatasi dengan rekayasa teknik (engineering).Bahaya banjir dapat diatasi salah satunya dengan peninggian pintu masuk(seperti yang diterapkan di Hong Kong dan Bangkok) dan flood gate yangkedap air, sedangkan tanah lembek dapat diatasi dengan teknik perbaikan tanah (soilimprovement). Struktur bangunan yang relatif pendek pada MRT, membuatpengaruh gempa relatif tidak signifikan dibandingkan dengan pengaruh gempa padagedung-gedung tinggi. Dalam kaitan dengan hal tersebut, PT MRT akan mengikutistandar-standar keselamatan yang sudah teruji di dunia, yang dapat menjaminkeselamatan penumpang pada saat pengoperasian nanti.
 
Apa upaya yang dilakukan agar proyek ini dilaksanakan dengan menjalankan prinsip Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance /GCG)? 
PT MRT Jakarta terusberupaya menjaga dan menjunjung tinggi transparansi, akuntabilitas, danindependensi. Setiap regulasi dan peraturan dikondisikan untuk menjagaprinsip-prinsip tersebut. Sebagai contoh, pinjamandari JICA ini disiagakan di Jepang. Ketika ada tagihan terhadap prestasi yangtelah dilakukan, barulah dana dikeluarkan dan langsung dibayarkan oleh JICA kerekening kontraktor, konsultan atau supplier tanpa melalui PT MRT Jakarta.Pinjaman ini hanya dapat dibelanjakan untuk proyek dan PT MRT Jakarta samasekali tidak boleh mengendapkan dana. 
Selain itu PT MRT Jakartajuga terus menggalang kerjasama dengan berbagai lembaga dalam menjaga penerapanprinsip-prinsip good corporate governance.Salah satunya adalah dengan menandatangani nota kesepahaman atau memorandumof understanding (MoU) dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan(BPKP) Provinsi DKI Jakarta. MoU ini sebagai bentuk kerja sama penerapan goodcorporate governance (GCG) sesuai dengan Keputusan Gubernur DKI Nomor88/2003 tentang Pembinaan dan Pengembangan BUMD di Lingkungan Pemprov DKI danKeputusan Gubernur DKI Nomor 96/2004 tentang Penerapan GCG pada BUMD PemprovDKI. Isi MoU ini antara lain bantuan BPKP kepada PT MRT Jakarta dalam halpelaksanaan audit, assessment dan bimbingan teknis pada bidang-bidang sepertiGCG, manajemen resiko, indikator tenaga kerja, tata kelola teknologi informasi,dan audit dengan tujuan tertentu.
 
Bagaimana dengan pendanaan proyek ini?
 Pendanaanproyek MRT Koridor Idibiayai dengan pinjaman dari JICA dan pada Oktober 2005 telah dikeluarkansurat keputusan Menko Perekonomian no. 057/2005 yang menetapkan pembayaranpinjaman tersebut ditanggung bersama oleh Pemerintah dan Pemprov DKI Jakartadengan komposisi 42% : 58%. Segera setelah keluarnya SK tersebut, pada tahun2005, juga disepakati struktur proyek dan konsep pendanaan yang disepakati olehBappenas, Departemen Perhubungan, Departemen Keuangan, Pemerintah Provinsi DKIJakarta dan JICA.  
Untukkeperluan pembangunan dan pengoperasian sistem MRT Jakarta, dibentuklah PT MRTJakarta yang sahamnya sepenuhnya dimiliki Pemprov DKI.
 
Bentukdukungan pemerintah pusat sebesar 42% disepakati sebagai on-granting (hibah) kepada Pemprov DKI, sedangkan sisanya yang 58%menjadi penerusan pinjaman yang menjadi tanggung jawab Pemprov DKI. Total biayaproyek Koridor I sebesar 144.322 milyar yen yang mencakup pinjaman dari JICAsebesar 120,017 miliar yen (kesepakatan Pemerintah – JICA bulan November 2008)dan sisanya berupa dana pendampingan dari APBD dan APBN. 

Bagaimanadengan kesiapan dari sisi keamanan dan keselamatannya?
 Sebagai modatransportasi massal, maka keamanan menjadi tujuan utama. Unsur-unsur keamanan(security), keandalan(reliability), ketersediaan (availability) dan kemudahanpemeliharaan (maintainablity), mutlak dilekatkan pada MRT. Guna menunjang aspek-aspekdimaksud, pembangunan fisik maupun piranti lunak dalam proyek inimengaplikasikan teknologi terkini. Contoh, sistem operasinya juga modern, sehingga memberikantingkatsafety yang lebih baik.Dilengkapi dengan automatic train protection (ATP), yang membuat kereta berhenti sendiri gunamengantisipasi terjadinya tabrakan. Semuanya dikontrol dalam sebuah ruangbernama operation control center(OCC). 
Armada kereta dirancang canggih, handal, nyaman, dan dengan sistemperawatan dan pemeliharaan yang prima melalui ketersediaan fasilitas pemeliharanserta jadwal pemeliharaan yang terstandarisasi. Desain kereta mengadopsi model-model modern, handal, hemat energi, materialnya tidak mudah terbakar.Fasilitas lainnya juga tersedia mulai dengan mesin tiketotomatis (ticketingvending machine), signalling, hingga penunjang keamanan lainnya yang dirancangsedemikian rupa. 
Cerminan bahwa MRT menekankan pada aspek keamanan jugatercermin dari bangunan fisik lainnya, seperti terowongan, jembatan layang,maupun stasiun. Terowongan yang paling dalam terdapat di Stasiun Dukuh Atas,yang mencapai kedalaman sekitar 20 meter. Sedangkan paling rendah sekitar 12meter, dengan diameter 6 meter, dan jarak dengan terowongan sebelahnya seluas 6meter. 
Sedangkan jalur layang dirancang sedemikian rupa agar mampu mengakomodasikankendaraan yang lewat di bawahnya. Demikian halnya dengan bangunan stasiun. Penataan maupun pengaturan ruangan diatur berdasarkankapasitas dan kepadatan penumpang setiap stasiun. 
Disisilain, proyek ini memiliki lahan yangterbatas, sehingga pelaksanaannya menjadi tantangan tersendiri. Dalam membuatstasiun bawah tanah, PT MRT secara setahap demi setahap bekerja tanpamengganggu kelancaran lalu lintas di atasnya. Karena itu, program traffic management ini penting, sehinggatidak mengganggu aktivitas lain. Ini harus diantisipasi, agar dampakpembangunan dapat diminimalisasi. 
Berbagai langkah dalam mengantisipasi musibah ataubencana, baik yang disebabkan oleh manusia, alat, maupun alam juga terusdipersiapkan. Dalam mengantisipasi bencana banjir, misalnya, PT MRT Jakartatelah menyiapkan konstruksi atau desain untukmengantisipasi banjir. Tekniknya, di sekeliling stasiun akan ditinggikan sehingga pengunjungharus naik tangga dulu sebelum masuk stasiun bawah tana. Artinya, air tetap tidak dapat masuk ke stasiun meskipun wilayah disekeliling stasiun terendam. 
Untuk menunjang safetydan security, PTMRT Jakarta telah merancangtahapan pekerjaan, mulai dari desain dasar, tender, konstruksi, hingga operasidan perawatan. PT MRT Jakarta juga mulai mempersiapkan strategic safety plan untuk persiapan operasi.
 

9 komentar:

Widya Okta said...

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Unknown said...

Halo, nama saya Nona. Dwiokta Septiani Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Anita Charles pemberi pinjaman cepat, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 430 juta dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji saya akan berbagi kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan semacam pinjaman, hubungi Ibu Anita melalui email: anitacharlesqualityloanfirm@mail.com.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: septianidwiokta@gmail.com
Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke rekening mereka.

Unknown said...

Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
Terima kasih
Terima kasih dan Tuhan memberkati
Ibu kelly
KELLYWOODLOANFIRMLTD
(Kellywoodloanfirm@gmail.com)

widaya said...

Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

Lady Mia said...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Unknown said...

Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIPS
Anda memiliki pinjaman mendesak?
Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman?
Membeli rumah atau mobil?
Untuk membayar utang?
"Investasi Kredit" penawaran
Anda memiliki kesulitan keuangan?
Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?
Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera
Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya membutuhkan pinjaman mendesak.

Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com

Terima kasih telah memilih kami.

Unknown said...

Salam pembuka!
Nama saya Dewi Rumapea, saya dari kota SEMARANG, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan semua dalam kelompok ini mencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. beberapa bulan yang lalu, aku finansial turun dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di Malaysia dan saya tertipu oleh orang di Malaysia. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal dan asli disebut Ibu Glory, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp500,000,000 tanpa stres pada tingkat bunga 2% yang merupakan terjangkau tingkat bunga untuk saya.

setelah transfer kredit saya ke rekening bank saya, saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah mentransfer langsung ke rekening saya dengan Ibu Glory tanpa penundaan. Karena saya berjanji ibu bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Glory melalui email:gloryloanfirm@gmail.com

Saya menggunakan waktu ini untuk menginformasikan semua yang anda juga dapat menghubungi saya di email saya: dewiputeri9@gmail.com dan Nur Izzatul Azira Ismail, dari Malaysia yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Ibu Glory, Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Glory, Anda dapat juga menghubungi dia melalui email:utariwirmayaty@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Catatan: Tidak ada biaya pendaftaran, asuransi atau biaya pajak

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Yang Maha Kuasa karena menggunakan Ibu Glory untuk mengubah cerita keuangan saya dan sekarang saya adalah pemilik bisnis saya yang bangga, semoga Allah terus memberkati Ibu Glory dan terus menggunakannya untuk membantu kita semua dalam kesulitan keuangan.

Unknown said...


Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hutang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)atau melalui dia
BBM INVITE:{D8980E0B}

RASHID HUSAEN said...

Selamat Siang Semuanya!!!

Nama saya Mr Rashid Husaen dan saya dari Jawa Barat, indonesia dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia hari ini dan saya berkata pada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan memberitahu namanya kepada dunia dan saya sangat senang untuk mengatakan bahwa keluarga saya kembali selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp300.000.000,00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah seorang ayah tunggal dengan 5 anak dan dunia sepertinya mengandalkan saya ketika saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan bank online menolak pinjaman saya, mereka mengatakan bahwa pendapatan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya online dan segalanya menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya


Sampai saya melihat postingan ibu nyonya maria dari sebuah blog dan saya memohon padanya, dia memberi saya semua syarat dan ketentuan dan saya setuju dan dia mengejutkan saya dengan pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, dan pada awalnya saya berpikir ini tidak mungkin karena pengalaman masa lalu saya dan janji-janji palsu tetapi yang mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp300.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya Maria Alexander wanita kata-katanya, melalui email : ( mariaalexander818@gmail.com ) karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. siapa saja yang ingin pinjaman atau cara mendapatkan pinjaman asli, harus menghubunginya Via

email: ( mariaalexander818@gmail.com )
whatsapp: (+1 254-276-8402 )

Anda dapat menghubungi saya Pak Rashid untuk informasi lebih lanjut (rashidhusaen18@gmail.com)

Allah Maha Besar
Terima kasih semuanya

Post a Comment

 
Powered by Blogger