Dweller

Advertise

­ ­

Friday, March 18, 2011

Volkswagen Combi Kembali Bangkit [Pic/Vid]

 
Niat Volkswagen untuk menghidupkan kembali VW Microbus alias Kombi nampaknya sudah semakin kuat. Target waktu pun disiapkan. Mobil ini akan segera diperkenalkan pada tahun 2013 dan produksinya akan dilakukan pada 2014.

Bentuk konsep Microbus sendiri sudah diperlihatkan ke dunia pada ajang Detroit Motor Show di tahun 2001 silam. Namun baru saat ini keseriusan pabrikan Jerman itu untuk menghidupkan mobil yang memiliki nama lain Kombi, Dakota, Westfalia atau Barndoor ini benar-benar akan diwujudkan.

Lalu apa saja kekuatan mobil legendaris ini? VW ternyata akan menghadirkan fitur terkini pada mobilnya itu.

Di versi produksi massalnya kelak, seperti dikutip dari car and drive, Sabtu (1/1/2011), produsen mobil yang bermarkas di Wolfburg ini kemungkinan akan diberi sistem penggerak roda depan atau front wheel drive yang dicomot dari VW Touran.

Sementara tubuhnya kemungkinan akan mirip dengan mobil konsep yang pernah diperlihatkan meski ukurannya akan lebih kecil dari mobil konsep tadi.

Untuk dapur pacunya, VW memiliki banyak pilihan. Mulai dari mesin bensin empat silinder hingga mesin dengan turbo diesel. Power yang dihasilkan mesin tersebut nantinya akan disalurkan ke roda melalui transmisi dual-clutch manual enam atau tujuh percepatan.

Namun ada kabar yang mengatakan kalau VW kemungkinan juga akan membuatkan mobil yang terkenal pada era 50-60an tersebut versi all wheel drive dan versi listrik.

 

Hampir satu dekade lalu, Volkswagen meluncurkan konsep Microbus menakjubkan di ajang International Auto Show 2001-Amerika Utara. Meskipun pujian yang tinggi dan lampu hijau resmi untuk memproduksinya, namun masih terhalang karena masalah biaya.

Tapi bagi VW sendiri pengembangan model baru dari sang legenda Combi ini merupakan dukungan dari desain global.  “Model ini dapat menjadi MPV tradisional, dengan interior konvensional, atau kita bisa jauh lebih berani, merancang mesin, lebih fleksibel serbaguna. Mungkin salah satu yang lebih dekat dalam semangat untuk model asli,” ucap Klaus Bischoff, chief designer VW.

Terlepas dari permasalahan keuangan namun di lain pihak desain Combi yang melegenda ini telah sangat sreg di mata banyak masyarakat di dunia, oleh karena itu pihak VW sedang mempertimbangkan melanjutkan proyek Microbus Concept yang akan hadir pada 2012 mendatang. So kita tunggu saja kedatangannya si legenda Combi ini.

JERMAN- Volkswagen (VW) sempat tenar dengan van berukuran jumbonya, Kombi. Nah kabar baik untuk pecinta VW kombi, sebab produsen asal Jerman itu berniat menghadirkan generasi terbaru dari mobil tersebut.

Keinginan menghadirkan model baru jenis van keluar sendiri dari mulut Kepala Desain VW Klaus Bischoff. Dirinya menuturkan bakal melanjutkan proyek prototipe VW microbus yang sempat ia tampilkan di Detroit pada 2001 silam.

Bischoff rencananya akan menghadirkan prototipe terbaru dari van ini pada 2012. Dan jika semuanya berjalan lancar, mobil tersebut akan mulai diproduksi dan segera dijual untuk umum satu tahun berikutnya.

Saat ini masalahnya kata Bischoff, adalah menentukan apakah van tersebut akan hadir sebagai kendaraan dengan teknologi canggih atau malah hadir dengan konsep klasik yang sederhana seperti sebagaimana adanya VW Kombi dimasa lalu.

Sebenarnya isu kehadiran generasi terbaru dari VW Kombi telah muncul sejak 2001. Namun kemudian dibatalkan pada 2005. Isu kembali menyeruak pada 2008 ketika VW membangun pabrik barunya di Chattanooga Tennessee, Amerika Utara.

Saat itu dilaporkan mobil ini akan menggunakan basis model T5 Trasnsporter atau Caravelle yang diproduksi di pabrik Hanover.


0 komentar:

Post a Comment

 
Powered by Blogger